28 September 2007

Nyontek tu dosa ga' sich???

saat ini ritual nyonek lagi marak-maraknya dilakuin oleh para pelajar diantaranya sich hamue. masalahnya nyontek itu dosa ga' sich, nyontekkan termasuk sebuah kecuranggan selaen itu di dalam mencontek juga terdapat beberapa unsur yang tercala contohnya : dalam mencontek pasti ada kegiatan curi-curi kesempatan buat ngelirik jawaban teman. dari contoh ersebut aja uda ketahuan kalau nyontek termasuk kegiaan yang menambah dosa kita.
tapi kalau uda tebukti nyontek tu dosa kenapaya kok masih banyak anak-anak yang nyontek? sampai sampai ada kalimat "nasib ditentukan oleh tempat duduk" . menurut opini yang dikumpulkan oleh hamue dari temannya sich kebanyakan anak mengatakan bahwa memeng nyontek itu dosa tapi ritual nyontek uda ada sejak nenek moyang kita dulu jadi uda menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan.
tapi buat temen-teman yang pengen yontek api ga' dosa hamu punya tips buat teman-temen bagaimana cara nyontek yang ga' dosa. tipsnya yaitu:
jika anda akan mencontek menconteklah dengan terang-terangan kalau perlu minta ijin dulu ke pangawas jika anda ingin mencontek. dijamin tips tersebut akan membawa anda pada amukan guru atau pengawas.

Tidak ada komentar: