21 Oktober 2008

MITOS GERHANA BULAN

Alloww semua lama nich hamue ga' ngeblog untuk kali ini hamue ngerombak abiz blog hamue dari yang awalnya ga' karuan sekarang hamue ubah jadi bertema nature (kembali ke alam gitu) jadi isinya tentang segala peristiwa alam gitu .

Kali ini hamue bakalan ngebahas tentang salah satu peristiwa alam yaitu tentang mitos gerhana bulan . kalian semua pasti udah pernah kan liat gerhana bulan . Ngomongin tentang gerhana bulan hamue jadi inget cerita nenek hamue tentang gerhana bulan , kabarnya orang-orang jaman dulu beranggapan bahwa gerhana bulan itu terjadi karena adanya batara (raksasa) yang melahap sang bulan dan untuk menakut-nakuti sang batara banyak orang orang yang memukul lesung hal itu bertujuan agar sang batara memuntahkan kembali sangbulan seperti semula .

Selain mitos tersebut ada juga mitos yang menyebutkan bahwa ketika terjadi gerhana bulan para ibu hamil diwajibkan untuk sembunyi di kolong tempat tidur, konon hal itu dilakukan agar janin yang dikangungnya tidak hialang (dimakan sang batara) . selain itu ada mitos juga yang menyebutkan jika sedang terjadi gerhana bulan bagi yang ingin cepet tinggi mesti lompat-lompat dan bergantungan di pintu supaya kita bisa cepet tinggi .

Beberapa hal diatas merupakan mitos-mitos pada jaman dahulu yang sering hamue dengar namun saat ini mitos-mitos tersebut bagai ditelan bumi . Saat ini para ilmuan telah menemukan bahwa terjadinya gerhana bulan adalah karena pantulan sinar matahari kebulan terhalangi oleh bumi sehingga bulan tidak dapat memencarkan cahaya sepeti biasanya . Selain itu di jaman sekarang ini jika ada gerhana bulan sudah tidak ada orang yang memukul lesung lagi , para ibu hamil juga tidak perlu susah-susah sembunyi di bawah kolong, dan jika kita pengen tinggi kita juga gak perlu nunggu gerhana bulan buat loncat-loncat dan gelantungan karena jika kita pengen tinggi kita bisa olahraga kapan saja .

demikian posting hamue kali ini semoda dapat nambah wawasan temen-temen yang baca .

Tidak ada komentar: