27 Agustus 2009

Takakura " Menrubah Sampah Menjadi Kompos"



Siapa bilang sampah tidak bermanfaat?? dengan menggunakan takakura sampah bisa kita manfaatkan menjadi kompos.
Takakura merupakan alat sederhana yang dapat merubah sampah basah menjadi kompos. Dengan memanfaatkan bakteri (starter) yang ada di dalamnya, alat ini bisa menguraikan sampah basa yang biasa kita produk menjadi pupuk kompos yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan.

Alat ini dapat dikatakan praktis karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan dapat disimpan di dalam rumah katena tidak becek dan tidak menimbulkan bau busuk.
Pemakaian alat ini juga tudak terlalu ribet. Kita tinggal memasukkan sampah basah yang sebelumnya dipotong kecil-kecil ( agar sampah basah tersebut cepat terurai). Setelah itu aduk-aduk campuran kompos (starter) dan sampah basah sampai merata lalu tutup campuran sampah dan starter td dengan sekam agar tidak menimbulkan bau busuk lalu tutup takakra dan letakkan ditempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk memastikan pengomposan berhasil anda tinggal meletakkan telapak tangan anda sekitar 2 cm dari kompos yang di proses apabila terasa hangat maka dapat dipastikan pengomposan dengan menggunakan takakura telah berhasil.
Untuk memanen komposnya ambil 2/3 bagian kompos yang telah jadi dan sisakan 1/3 kompos untuk digunakan sebagai starter.
Disamping cara penggunaan yang sederhana alat ini juga dapat menguntungkan kita seperti kita dapat menguangkan kompos yang telah kita produksi dari sampah yang sudah tidak kita butuhkan. selain itu dengan menggunakan alat ini kita juga dapat memperkecil prodik sampah yang kita hasilkan sehari-hari.

4 komentar:

Reiyo mengatakan...

kuk g dikasih soutbox ce hamue? maap ney termasuk koment spam soale,, ga nyambung ma yang di artikel,, hehehe

A-RieN mengatakan...

tunas hijau banget tuhh

Gipho mengatakan...

wah sip ... tanamkan anti Global Warming. Tapi , kalo merubah sampah jadi makanan gmn ? haha ... =D

Reiyo mengatakan...

minal aizin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin,, jika saya ada salah mohon di maafkan ya brow,, -reiyo-