09 November 2009

Efek Rumah Kaca

Sering sekali kita mendengar tentang efek rumah kaca. Namun sering pula kita tak mengeri apa itu efek rumah kaca. Selama ini banyak orang mengenggap efek rumah kaca adalah panas yang disebabkan oleh pantulan gedung-gedung kaca yang ada di bumi ini. Tentu konsep itu benar-benar menyimpang jauh dari pengertian efek tumah kaca yang sebenarnya.

Pengertian efek rumah kaca yang sebenarnya ialah menggumpalnya gas-gas rumah kaca (CO2, CO, gas Metan, CFC, dll) yang mengakibatkan panas sinar matahari yang masuk kedalam bumi tidak dapat seluruhnya dipantuklan kembali ke luar angkasa karena terhalang oleh gas-gas rumah kaca yang menggumpal di atmosfer bumi. Hal tersebut yang menyebabkan efek rumah kaca dapat mengakibat kan meningkatnya suhu bumi.
Sampai saat ini belum ditemukan cara untuk mengurangi atau menghilangkan efek rumah kaca ini. Namun efek rumah kaca dapat di cegah dengan cara :
1. Mengurangi prouksi sampah organik. karena jika sampah organik terlalu berlebih maka sampah-sampah organik tersebut dapat menghasilkan gas metan yang dapat menyebabkan efek rumah kaca. Pengurangan sampah organik dapat juga dilakukan dengan cara mendaur ulangnya menjadi kompos.
2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk jarak dekat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi gas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang kita punyai.
3. Mengurangi pemakaian pendingin ruangan (AC). Hal ini dilakukan karena pada pendingin ruangan dapat menghasilkan Freon yang dapat merusak atosfer bumi.
4. Mengadakan Penghijauan, Hal ini dilakukan agar dapat menurangi kandungan CO2 yang terdapat diatmosfer bumi.
5. Manghemat energi.

3 komentar:

Fact in the world mengatakan...

Save our earth..

anasmcguire mengatakan...

Sepakat. selamatkan bumi kita sebelum alam marah pada kita.

Fahmi Rachman Ibrahim mengatakan...

sedap jaya ..