05 Februari 2011

Banyak Jalan Menuju PTN

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Sekarang kalender pendidikan sudah memasuki semester genap. Bagi teman-teman yang sekarang berada di kelas tiga SMA pasti saat ini sedang bingung-bingungnya mikirin bakal nerusin kuliah dimana. Pastinya kebanyakan orang lebih memilih kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun tak sedikit juga yang bingung bagai mana cara masuk ke PTN yang dipilih. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas bagai mana jalur-jalur masuk PTN yang dapat ditempuh berdasarkan pengalaman saya tahun lalu.

Di Indonesia ini banyak sekali PTN-PTN yang di gemari banyak orang seperti UI, ITB, ITS, UNAIR, UB, dan masih banyak lagi yang lain. Pada umumnya tiap-tiap PTN memiliki beberapa jalur masuk sendiri-sendiri namun ada juga yang dikelola bersama oleh dinas pendidikan. beberapa jalur masuk tersebut antara lain :
Yang dikelola Pemerintah :
Bidik Misi, Program ini merupakan program dinas pendidikan yang memberikan beasiswa kepada para siswa-siswa yang berprestasi namun kurang mampu dalam hal materi. Bea siswa ini diberikan kepada siswa -siswa berprestasi penuh selama ia kuliah dan selama ia mampu mempertahankan IPnya sesuai dengan yang ditentukan. Beasiswa bidik misi ini membiayai seluruh kebutuhan siswa yang memperoleh selama ia kuliah termasuk SPP dan uang saku. Beasiswa Bidik Misi ini dapat diperoleh dengan mengajukan diri ke sekolah dan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan.
SNMPTN, Untuk jalur yang satu ini perlu sedikit perjuangan karena untuk dapat masuk melalui jalur ini kita harus berjuang melawan ratusan bahkan ribuan peserta lain namun jika masuk melalui jalur ini biaya yang dikeluarkan untuk kuliah tidak terlalu besar karena mendapat subsidi dari pemerintah. Untuk Jalur ini ujianya dilaksanakan serentak di seluruh indonesia.

Selain Jalur yang dikelola pemerintah ada juga jalur jalur masuk PTN yang dikelola masing-masing PTN seperti membuka ujian saringan masuk sendiri contohnya UI melalui SIMAK UI. selain ti ada juga PMDK Prestasi dari masing-masing PTN, apabila kita dapat masuk melalui PMDK prestasi biaya untuk kuliah hampir sama dengan melalui SNMPTN bedanya jika SNMPTN subsidi berasal dari pemerintah namun jika PMDK perstasi subsidi berasal dari PTN tersebut. Siswa yang dapat mengikuti jalur ini hanyalah siswa yang berprestasi di SMAnya baik secara akademik maupun non akademik. Selain PMDK Prestasi ada juga PMDK UMUM namun untuk masuk melaui jalur PMDK UMUM biaya yang dikeluarkan cukup besar karena tidak mendapat subsidi dari manapun. Jalur PMDK umum ini dapat di Ikuti oleh semua siswa tanpa kecuali karena PMDK ini tidak mapunyai persyaratan khusus.
  Jadi dapat disimpulkan  banyak sekali jalur yang dapat kita pilih untuk memasuki PTN tinggal kita memilih mana yang cocok untuk kita.. Sekian dulu pengalaman yang dapat saya bagikan semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membaca. Makasi ^-^.

3 komentar:

Tamam mengatakan...

dan banyak juga jalan menuju roma

anggek nthu anggie mengatakan...

iyaw....bener!!!!!!!!setuju....!!!!

anggek nthu anggie mengatakan...

hai hamue...apa kabar....???